Kamis, Juli 24, 2008

Mbo' Antri To, Pak...!!

Sengaja pagi itu aku berangkat lebih awal ke kantor. Karena sudah berencana mampir ke bank dulu, aku sms teman untuk ijin terlambat masuk kantor.
Jam menunjukkan pukul 07.50 wib ketika aku sampai di bank. Ternyata bank belum buka. Aku menunggu diluar dengan nasabah lainnya, didalam aku melihat pegawai bank sedang sibuk mempersiapkan diri. Tiba2 datang seorang bapak yang usianya kira-kira 60-65 an tahun dan kemudian agak sedikit memaksa kepada petugas Satpam yang sedang berjaga disitu untuk masuk ke dalam. Alasannya mau menulis slip dulu, supaya nanti tidak kelamaan antrinya. Tapi Satpam menolak dengan halus karena memang belum waktunya.
Jam menunjukkan pk. 07.58 wib, pintu bank di buka. Langkah kakiku pertama masuk kemudian disusul yang lainnya. Bapak yang tadi langsung menyerobot masuk dengan langkah seribu khas bapak-bapak yang mulai uzur tanpa menghiraukan pita antrian yang sudah dipasang didepan teller. Dia berjalan di luar pita tersebut dan langsung ambil posisi paling depan, padahal sudah jelas aku mendapat antrian paling depan daripada dia. Bapak ini ga mau antri gumamku! Dengan santai dia tersenyum melihatku, tanpa kuhiraukan usahanya untuk ramah terhadapku, aku langsung membuang pandangan ketempat lainnya. Jujur…, saat itu aku merasa keki melihat kelakuannya itu. Didepan tadi dia berusaha masuk sebelum pintu bank dibuka dengan alasan mau menulis slip terlebih dulu, tetapi setelah masuk dia langsung ngeloyor tanpa menulis slip terlebih dulu, karena kulihat dia sudah membawa slip yang sudah ada tulisannya. Berarti dia sudah menyiapkannya dari rumah, pikirku. Lalu, untuk apa dia tadi berusaha menerobos masuk sebelum pintu bank dibuka? Pakai acara berbohong segala sama pak Satpam. Huuh… dasar ga punya etika antri..! protesku keras dalam hati.


Apa susahnya sih menerapkan budaya antri…? Bukankah kalo kita antri semuanya jadi lebih lancar dan lebih cepat. Kalo ga mau dapat antrian yang belakang, datang donk lebih awal. Jangan mau enaknya aja. Datang belakangan tapi maunya dilayani duluan. Bisa2 digebukin orang se RT kalo gitu.

Biasakan antri….
Budaya antri kan baik. Bagaimana tidak, satu tindakan kita bisa menerapkan beberapa hal disini, kita bisa belajar disiplin, sabar, menghargai orang dan waktu.
Jadi, mulailah hari ini kita tertibkan diri, mulai dari diri kita dulu. Setuju…..??