Jumat, Juli 23, 2010

Cek Darah

Atas saran seorang teman, pagi-pagi aku sudah berada di laboratorium klinik Pramita untuk mengecek darah. Karena sudah 2 bulan ini tangan kananku sering kesemutan. Aku takut kenapa-kenapa dengan kesehatanku.
Jam masih menunjukkan pukul 07.00, lab. relatif sepi karena masih pagi. Wah... lab.nya bagus, nyaman, bersih, pelayanannya ga kalah dengan bank terkemuka, pikirku. Mulai deh norak-ku keluar. Hehehe.... Tapi ga malu-maluin koq! Maklum, aku hampir tidak pernah masuk lab. beginian karena aku sangat malas berurusan dengan lab-lab seperti ini apalagi rumah sakit (kecuali jenguk orang sakit). Bayanganku dulu masuk lab. itu menyeramkan, bau obat-obatan dan banyak dokter berkeliaran memakai jubah putih. Aku paling stres lihat jarum suntik. Parno banget! Setelah melamun sebentar aku langsung ditangani petugas (mungkin dia seorang dokter tapi tidak memakai baju putih) dan langsung mengambil darahku. Tentunya sebelum tindakan itu aku diharuskan berpuasa 10 - 12 jam terlebih dahulu. Btw, aku mau test kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida & asam urat. Dan hasilnya :
  • Kolesterol total : 197 ----> Optimal : kurang dari 200 mg/dL
  • Trigliserida : 68 -----> Normal : kurang dari 150 mg/dL
  • HDL Chol Direk : 66 -----> Optimal : 40 - 60 mg/dL
  • LDL Chol Direk : 120 ----> Optimal : kurang dari100mg/dL, Mendekati Opt: 100 - 129 mg/dL
  • Rasio HDL/LDL : 1,8 -----> Resiko rendah : kurang dari 3
  • Asam Urat : 4,7 -----> 2,6 - 6,0 mg/dL
Dari data diatas hasil test kolesterol, trigliserida dan asam uratku masih normal. Tapi aku harus waspada terhadap kolesterol total dan LDL-ku. Sebaiknya diturunkan lagi dan asam uratnya aku pengen lebih rendah dari hasil yang sudah kuperoleh itu. Nah, kalo HDL-ku tinggi melebihi batas 40 -60 mg/dL berbahaya tidak? Karena yang aku tahu bila HDL tinggi itu lebih baik. Koq aku lupa tanya ma dokter ya? Wah... malah cari info lagi nih?
Terus kenapa dengan kesemutan di tangan kananku masih ada? Apa ada saraf yang terjepit? Ini yang belum aku periksakan. Karena info dari dokter lab. kemungkinan ada saraf yang terjepit, tapi untuk mengetahuinya harus di foto rontgen dulu tulang leherku. Bulan depan saja jika kuobati dengan Neurobion 5000 dan asam mefenamat ga sembuh aku cek lagi ke lab.
Mudah-mudahan bukan penyakit yang serius apalagi gawat. Semoga!