Senin, Desember 27, 2010

Rasanya Seperti Putus Cinta

Hahaha….!! Ini tertawa dalam kesedihan Indonesia. Kenapa aku tertawa? Karena aku merasa konyol atas perasaanku ini. Merasa seperti baru putus cinta karena Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Timnas Malaysia 0-3 semalam dalam babak final leg 1 di stadion Bukit Jalil Malaysia. Haduuhh…, rasanya benar-benar sakit, sedih dan kecewa. Skor telak 3-0 memberi harapan tipis pada Timnas Indonesia meraih kemenangan pada leg 2 pada 29 Desember 2010 nanti di Gelora Bung Karno.
Tadi pagi mataku males melek. Berharap kejadian semalam cuma mimpi! Berkali-kali aku berharap ini cuma mimpi tapi kenyataannya memang bukan mimpi. Setelah adzan subuh berkumandang sekitar jam 04.00 aku baru sadar, sadar-sesadar-sadarnya aku, kalo aku tidak sedang bermimpi. Ahh… Tuhan kenapa belum Kau kabulkan harapanku semalam?
Entah kenapa permainan Timnas Indonesia semalam kurang meyakinkan. Terlalu beratkah beban moral dan mental yang mereka tempa? Setelah kemenangan 5 kali yang diraih, eksploitasi yang berlebihan dari media, sanjungan dari publik Indonesia yang terus menerus? Atau karena grogi bertandang di negeri orang? Ataukah karena ulah suporter Malaysia yang sengaja mengganggu Timnas Indonesia dengan sinar laser? Aku tidak tahu! Suporter Malaysia memang keparat!! Hal yang sama mereka lakukan saat melawan Timnas Vietnam pada semifinal lalu. Dasar Malingsia..!! Menghalalkan segala macam cara demi kemenangan.
Aku tidak akan menyalahkan Timnas. Bagaimanapun mereka sudah berusaha semaksimal mungkin berjuang melawan rivalnya. Cuma saja lain kali (buat media dan para pejabat nih), sesuatu yang belum tergapai pasti jangan terlalu di eksploitasi berlebihan. Memuji boleh, mensupport sangat diharapkan, tetapi jangan lebay…!! Kasihan punggawa Timnas kita, yang seharusnya mereka fokus pada pertandingan menjadi terpecah konsentrasinya karena eksploitasi yang berlebihan. Seperti : mewawancarai yang bersangkutan dan keluarganya, pemberitaan yang berulang-ulang, foto bareng, diundang kesana kemari.
Hal ini pernah tersirat olehku sesaat setelah Indonesia unggul atas Malaysia dan Laos pada babak penyisihan lalu. Masih jauh dari semifinal dan final aja sudah heboh seperti ini, pikirku waktu itu. Kan belum juara yang sebenarnya? Benar saja, ketika Timnas Indonesia berhasil menghalau Thailand pada putaran terakhir babak penyisihan dan menekuk Filipina pada babak semifinal dalam 2 leg sekaligus, pemberitaannya semakin menjadi-jadi. Padahal final pun belum dilalui. Setelah kejadian semalam semangat pun seolah runtuh. Bagaimana tidak, tinggal setapak saja (sudah masuk final) Timnas kita tersandung skor yang lumayan banyak. Agak sulit melampaui skor itu walaupun Timnas Indonesia bertanding di negeri sendiri. Malaysia bukan tim yang mudah dikalahkan meskipun pada babak awal penyisihan berhasil dipecundangi Indonesia 5-1.
Yah..!! Semoga saja ada keajaiban terjadi bagi Timnas Indonesia pada tanggal 29 Desember 2010 di Gelora Bung Karno. Keajaiban yang dapat memenangkan Timnas Indonesia. Semoga, semoga dan semoga. Amien....