Rabu, April 30, 2008

Teman-Teman Bitungku Yang Mengasyikkan


B’awal dari kehidupanku sewaktu aku tinggal di Bitung - Sulawesi Utara. Sebuah kota kecil yang t’letak kira-kira 46 km dari kota Manado.
Aku masuk disebuah sekolah dasar swasta dan duduk di kelas 5. 2 tahun aku di SD tsb, kemudian aku lulus dan masuk di sebuah SMP negeri di Bitung juga. P’alihan dari masa kanak2 menuju usia remaja kulalui dengan suka cita disana. Aku menemukan banyak teman2 yang kebetulan senasib denganku, yaitu sebagai orang2 pendatang di Bitung. P’temananpun t’jalin tidak hanya dengan sesama orang pendatang tetapi juga dengan teman2 yang asli orang Bitung dan sekitarnya. Rata2 mereka menerima keberadaanku di sana dengan baik. Lulus dari SD aku langsung mendaftar di SMP Negeri Bitung.
Saat aku duduk di kelas 1 SMP aku pernah b'teman dekat dengan Meiske (kamu dimana sekarang?), dikelas 2 SMP aku b'teman dekat dengan Ir (temanku yang paling lugu), Ida ( nah temanku yang satu ini boleh dibilang teman yang paling lama aku akrab-in. Kami b'teman dari SD sampe sekarang. Keep in contact teruuuss....), Donny, Andhira. Dan di kelas 3 SMP aku b'teman dekat dengan Sri, Nova T, Jane. Pokoknya, aku punya banyak cerita dari kota ini.
Kemudian kelas 3 SMP masuk semester genap (kira-kira 3-4 bulan m'jelang ujian nasional) aku pindah ke Sumedang - Jawa Barat pada bulan Februari 1984. P’temananku pun masih b’lanjut melalui surat menyurat dengan teman2ku yang berada di Bitung.
Aku menyelesaikan SMA ku di Sumedang dan kemudian aku pindah ke Yogyakarta pada bulan Juli 1987 setelah aku lulus dan menerima ijasah SMA ku.
Di Jogja inilah dimulainya kisah suka dukaku ketika aku mulai masuk usia dewasa. Dari mulai jatuh cinta, putus cinta, dan masalah2 lainnya (bukankah orang hidup selalu ada masalah, sekecil apapun masalah itu pasti ada). Hingga suatu ketika aku dihubungi oleh seorang temanku, Ida namanya, mengabarkan bahwa beberapa teman Bitung kami tinggal di Jakarta. Dan pada tahun 1996 untuk pertama kalinya aku b’temu dengan teman2 Bitungku setelah aku meninggalkan kota Bitung pada tahun 1984. Setelah p’temuan itu aku cukup sering b’temu dengan mereka bila aku ke Jakarta.
Sampai akhirnya pada bulan Maret 2007 tanpa kuduga sama sekali aku dihubungi via SMS oleh seorang temanku di Bitung, namanya Buyung. Dari dia nomer HPku disebarkan kebeberapa temanku di Bitung. Satu per satu teman2ku m’hubungiku, ada : Sammy (kamu t'kejut ya aku bisa tebak nama kamu di telepon dulu!? hehehe....), Ogy (masih tetep gendut? Ga pa2, yang penting tetep sehat kan), Siong (kapan ngobrol2 lagi), Ronny (kenapa kamu p'caya omongan Rio waktu malam2 di telepon itu. Aku belum pernah liat foto kamu koq). Thanks Buyung, karena kamu aku bisa t'hubung kembali dengan mereka.
Dan pada bulan Juli 2007 aku dan teman2 Bitungku yang ada di Jakarta, Bitung, Palembang, Surabaya, dan Jogja mengadakan reuni kecil2an di Jakarta. Ini reuni satu angkatan yang pernah satu kelas / sekolah sewaktu di SD, SMP dan SMA di Bitung.
Aduh, sungguh hal yang tidak kuduga lagi aku diberi kesempatan oleh Tuhan untuk b’temu kembali dengan teman2 lamaku. Betul, setelah aku meninggalkan kota Bitung 23 tahun lebih, di tahun 2007 aku b’temu dengan beberapa temanku yang sama sekali aku belum pernah b’temu lagi setelah aku pindah dari Bitung. Bahkan ada teman SD ku yang setelah dia lulus aku tidak b’temu lagi karena temanku itu sekolah di SMP yang b’beda denganku. Dia juga ikut dalam reuni tsb. Inilah teman2 Bitungku yang m’asyikan itu : Ida (tengkyu banget udah dip'bolehkan nginep di rumah bagusmu & nganterin aku kemana2), Ros (kapan kita ngacak2 kamar tidur Ida lagi? Hehe...), Anne (thanks ya udah digratisin ke Dufan), Mira (makasih udah ditraktir makan coto makassar), Suryani, Deasy (kapan creambath & ke Camu2 lagi?), Sri, Ir, Nova Ingk., Dini, Rio (kamu teman yang paling lucu, dan makasih udah ditraktir ke cafe), Sammy (kue bageanya mana?), Andhira (kue bika ambonnya udah dimakan bareng2 waktu acara reuni itu, thanks yaa), Odhie (terima kasih kopinya) , Sonny, Deni. Mereka adalah teman2ku yang ikut reuni di Jakarta pada bulan Juli 2007. Grace Gosal (dia tidak ikut reuni, tetapi aku sempat b’temu dengannya di Surabaya) sebelum aku berangkat ke Jakarta. Oya, ada lagi teman2 lamaku yang lain, yang kami hanya sempat bicara lewat HP saja. Ada...: Grace Sumanti (hai non, gaya bicaramu tetep aja kayak dulu, cuek abizz...), Ety, Rusni, Heidy dan Stanley. Kalian semua adalah teman2 kecilku, teman2 yang m’asyikan. Sekarang teman2 Bitungku semakin banyak dan sahabatku b'tambah lagi. Oya, satu lagi temanku yang ga tau keberadaannya dimana sekarang, namanya Astuti Baso - sebetulnya kami dulu pernah b'temu & b'kumpul di Jakarta beberapa tahun yang lalu. Tetapi setelah itu dia m'hilang ntah kemana & teman2ku di Jakarta pun tidak tau keberadaannya sampai sekarang. Please... Tuti, kumpul2 lagi sama kita yaa.
Kapan kita b’temu lagi, kumpul2 lagi, ngobrol2 lagi, kita buat reuni lagi, atau kita naik Tornado di Dufan lagi? Siapa takut…….


eNBe,
thanks to : Rio & Sammy yang sudah susah payah ngirim foto2 ke e-mailku.
Blog ini kudedikasikan untuk semua teman2 Bitungku. Terima kasih atas semuanya, karena kalian blog ini kuciptakan.