Sabtu, April 26, 2008

Ikhlas Dan Peringatan


Dalam menghadapi hidup ini memang selalu kita diharapkan bisa “ikhlas”... sama seperti “cinta”. Sama-sama mudah diucapkan, susah dijelaskan dan hanya bisa dirasakan. Karena kita ga bisa mengukur keikhlasan seseorang dari ucapannya, bahkan saat kita mengucap “saya ikhlas” batin kadang kala berontak. Mungkin banyak orang bisa mendefinisikan makna ikhlas itu, tapi bagaimana dia mungkin kita akan ingat film atau sinetron “kiamat sudah dekat’ bagaimana mencari ilmu ikhlas itu.
Kadang berujud sebagai peringatan, buat yang peka terhadap tanda-tanda itu. Dan menurut beberapa temanku saat kami berbincang, saat ini Tuhan begitu cepat memberi peringatan atas dosa-dosa kita. Apakah ini peringatan bahwa dosa – dosa kita dari hari ke hari semakin parah, atau Tuhan yang semakin sayang sehingga lebih cepat memberi peringatan agar tidak lebih banyak lagi dosa – dosa kita. Atau manusia yang semakin ga mendengar, menyimak, serta memahami tanda-tanda jaman sehingga perlu peringatan yang lebih nyata.
Ini adalah peringatan tentang ikhlas... sedikit memalukan tapi kenyataan. Ceritanya pada suatu saat aku dapat undangan nikah, menurut ustad, saat kita diundang adalah wajib kita menghadirinya. Dan hari itu aku beralasan kepada temanku (yang sama2 dapat undangan juga) ga ada uang untuk ‘angpau’, dan aku bilang ke teman yang mau berangkat aku ga ikut pergi. Tetapi tiba-tiba kemudian aku dapat bonus dari kantor, lumayanlah jumlahnya. Akhirnya aku berangkat juga ke undangan tsb, dan karena satu temanku ada acara, dia hanya nitip padaku. Dan ternyata begitu di jalan angpau milikku dan temanku yang aku rencanakan aku masukkan ke guci angpau ntah kenapa lenyap dari tasku, ga ada dua-duanya. Dan dengan terpaksa aku keluarkan dua lembar lagi dari dompet, aku masukkan ke masing-masing amplop.
Pelajaran moral disini bahwa alasanku yang mungkin terkait dengan rasa tidak ikhlas dan tidak jujur harus dibayar mahal, aku harus keluarkan dua kali lipat dari yang semestinya, karena milik temanku pun aku harus ganti. Begitu cepat Allah mengingatkan.
Auradewa-Everything can be happen.... Where are u "My Guardian Angel"....